Rabu, 03 Desember 2014

9 blok bangunan dasar speedy

Dalam blog kali ini , saya akan membahas tentang hal yang sangat penting dalam perusahaan .
gak kalah pentingnya ni sama ngajak nonton gebetan ! apalagi kalau ente mau ngebuka sebuah usaha yang lebih besar dari sebelumnya atau mau mulai merintis sebuah usaha.
gimana ? ganteng ga ? 
cowo-cowo kece ngeband,, kalau aku sih suka sama al.... kalau kamu ? heheheheh......

back to topic !
disini ane bakal kupas lebih lanjut tentang 9 blok bangunan dasar, khususnya perusahaan speedy...

  1. Customer segment , menggambarkan untuk siapakah kita menciptakan nilai dan siapakah pelanggan terpenting dari merek yang kita pasarkan.

    *Di speedy sendiri membagi segmen customernya menjadi kelompok : youth, netizen,woman,men dan unskilled worker. dan dari kelima target ini, speedy lebih menekankan targetnya pada katagori youth,netizen dan woman.
  2. Value proposition , menggambarkan tentang nilai yang kita berikan kepada pelanggan serta kebutuhan pelanggan manakah yang kita penuhi. Misalnya, value proposition dari Apple iPod/iTunes adalah memberikan pengalaman menikmati musik tanpa batas.

    *Speedy memperkenalkan era baru internet dengan menghantarkan sinyal melaui jaringan telepon, dengan positioning "Fast and reliable high speed anytime, anywhere broadband with full content at an affordable price" , speedy memberikan layanan internet cepat dan murahh !

  3. Channels , menggambarkan tentang jenis saluran yang ingin kita pakai untuk menjangkau pasar sasaran merek yang kita pasarkan, bagaimana saluran-saluran yang ada bisa terintegrasi, bagaimana memilih saluran-saluran yang terbaik dan bagaimana caranya mengintegrasikan saluran tersebut dengan kebiasaan pelanggan.

    *saluran yang digunakan speedy dengan membagi memalui 3 jenis: milik sendiri secara langsung, milik sendiri secara tidak langsung, dan kemitraan.
  4. Customer relation , menggambarkan tentang jenis hubungan yang ingin dibangun dan dipertahankan, dan bagaimana hubungan pelanggan tersebut terintegrasi dengan model-model bisnis yang lain.

    Sebagai upaya menjaga hubungan baik dengan pelanggan, Speedy menyediakan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan pelanggan untuk mencari informasi mengenai program atau penawaran terbaru dan juga untuk melakukan pengaduan keluhan layanan. Bagi pengguna internet yang sudah berlangganan, Speedy akan mengirimkan email berupa penawaran   penawaran terbaru Speedy. Selain itu Speedy juga kerap memberikan bonus konten gratis selama periode tertentu bagi pelanggan yang sudah lama menggunakan Speedy.
    Untuk yang belum berlangganan Speedy, dapat mencari informasi melalui website dan media sosial, atau dengan menghubungi customer service Speedy atau dengan melihat iklan promosi di media cetak atau elektronik. Bagi pelanggan yang ingin melakukan pengaduan keluhan layanan, dapat dilakukan dengan menghubungi call center 147 atau melalui website Speedy.

  5. Revenue streams , adalah blok bangunan arus pendapatan, menggambarkan uang tunai yang dihasilkan dari tiap segmen pelanggan. Di sini biaya harus mengurangi pendapatan untuk menghasilkan pemasukan.

    Dalam arus pendapatannya, Speedymengandalkan pendapatan terbesar dari biayaberlangganan layanan internet Speedy, danmendapatkan pendapatan tambahan dari hasilpenjualan kartu perdana Speedy Instan dan dari hasil penjualan layanan konten (over the top).
  6. Key resources , adalah blok bangunan sumber daya utama, menggambarkan aset-aset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi.

    *Sumber daya kunci yang digunakan oleh Speedy, antara lain:
    a) Manusia: Ahli IT/jaringan, teknisi (pemasangan dan perbaikan produk), bagian pemasaran, staf administrasi.
    b) Fasilitas: Fasilitas yang digunakan Speedy secara umum terbagi menjadi 2 yaitu fasilitas penyelenggaraan jaringan dan fasilitas operasional.
    c) Teknologi: Teknologi yang digunakan dalam penyelenggaraan layanan internet Speedy adalah ADSL, MSAN dan GPON.
    d) Saluran ditribusi: Saluran distribusi Speedy terdiri dari distribusi langsung milik sendiri, distribusi tidak langsung milik sendiri, dan kemitraan.
  7. Key activities , adalah blok bangunan aktivitas kunci, menggambarkan hal-hal terpenting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja.

    *Sebagai penyedia layanan internet, aktivitas kunci Speedy, antara lain: perencanaan jaringan, penyediaan jaringan, pengelolaan infrastuktur, pemasaran dan penjualan produk, perencanaan kebutuhan pelanggan, pengelolaan kepuasan pelanggan dan pengembangan produk.
  8. Key partnership ,  blok bangunan kemitraan utama, menggambarkan jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja
    *Kemitraan kunci yang dijalin oleh Speedy dalam menjalankan bisnisnya, antara lain:
    a) Penyedia jaringan: Telin (bandwidth internasional).
    b) Penyedia perangkat: PINs (modem).
    c) Mitra pemasaran: media cetak dan elektronik, perkantoran, warnet, cafe, dan institusi pendidikan.
    d) Mitra intalasi.
  9. Cost structure , menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model bisnis.
    *Struktur biaya Speedy secara umum terbagi 
    menjadi 2, biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap yang dikeluarkan oleh Speedy antara lain, biaya penyediaan jaringan (biaya elemen jaringan, biaya modal, biaya aktivitas penyelenggaraan jaringan, biaya aktivitas operasi jaringan, dan biaya lisensi), biaya operasional perusahaan, dan biaya distribusi produk. Sedangkan yang termasuk dalam biaya variabel antara lain, biaya kapasitas tidak terpakai, biaya layanan pelanggan, dan biaya aktivitas pendukung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar