Jumat, 05 September 2014

Sampaikan Dengan Nama

who am i? siapa saya? pertanyaan ini kerap kali dilontarkan individu kepada dirinya sendiri. siapa dia? apa jati dirinya? pertanyaan ini mungkin sedikit bisa di kupas melalui sebuah arti nama yang menurut mitos,nama merupakan pencerminan dari individu tersebut. 

Nama merupakan salah satu cara termudah untuk mengetahui siapa diri kita sebenarnya, merupakan warisan pertama pemberian orang tua yang paling abadi selain pendidikan. Tidak jarang melalui nama terdapat arti-arti tersembunyi yang dijadikan doa ataupun harapan untuk sang buah hati. Apa nama anda ? apa arti dari nama anda? tidak jarang orang mengabaikan hal ini 

Nama saya Widia Wati Prawoto



  • Widia yang berasal dari bahasa sanksekerta "Vidia" yang berarti pengetahuan, dalam ejaan nya dibaca sebagai widia.
  • Wati merupakan bahasa sansekerta "-Vati"yaitu perempuan yang bisa penempatannya menggambarkan bahwa sosok tersebut merupakan seorang wanita, dibaca menjadi wati
  • Prawoto, untuk nama prawoto mungkin diambil dari kata "pra" dan "woto". Pra yang artinya sebelum dan woto yang artinya raja yang memerintah. Definsi lain ada yang mengatakan bahwa Prawoto berasal dari Bahasa Arab dari kata "Furutha" akan tetapi masyarakat lebih mudah dengan menyebut kata "Proto" sebagaimana yang terdapat dalam Surat Alkahfi ayat 28; yaitu "Wakaana Amruhu Furuthaa" yang artinya melewati batas atau melampaui batas.



Dari hal diatas mungkin dapat di artikan arti nama saya adalah "Seorang wanita yang memiliki pengetahuan yang melampaui batas". Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak Rahmat Ramli selaku dosen yang memberikan tugas ini. Sedikit tercengang memang mengetahui arti nama saya yang meskipun begitu kampungan, tapi mengandung arti yang luar biasa.


sumber:

  1.  http://carinamabayi.com/
  2. http://sunanprawoto.blogspot.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar